API NERAKA HARAM UNTUK MEREKA

​*ADA EMPAT ORANG YANG HARAM TERSENTUH API NERAKA. YAITU :*
ﻋَﻦِ ﺍﺑْﻦِ ﻣَﺴْﻌُﻮﺩٍ، ﻋَﻦِ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲِّ – ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ – ،ﻗَﺎﻝَ : ﺃَﻻَ ﺃُﺧْﺒِﺮُﻛُﻢْ ﺑِﻤَﻦْ ﺗُﺤَﺮَّﻡُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺍﻟﻨَّﺎﺭُ؟ ﻗَﺎﻟُﻮﺍ : ﺑَﻠَﻰ ﻳَﺎ ﺭَﺳُﻮﻝَ ﺍﻟﻠﻪِ، ﻗَﺎﻝَ : ﻋَﻠَﻰ ﻛُﻞِّ ﻫَﻴِّﻦ ٍ، ﻟَﻴِّﻦٍ ، ﻗَﺮِﻳﺐ ٍ، ﺳَﻬْﻞٍ . 
Artinya: 
Nabi Saw bersabda, _”Maukah kalian aku tunjukkan orang yang haram (tersentuh api) neraka?”_
 Jawab para sahabat, “Iya, wahai Rasulallah!”. 
Beliau menjawab, 

_”(Haram tersentuh api neraka) yaitu orang yang *Hayyin*, *Layyin*, *Qorib*, dan *Sahl*._
1. *Hayyin*

Orang yang memiliki ketenangan dan keteduhan, dzahir maupun batin. Tidak labil, *tidak kagetan*, tidak grusah-grusuh dalam segala hal, tetapi justtu penuh pertimbangan dan bijak. Tidak gampangan memaki, menghujat, mendemo, ngamukan, apalagi sampai *mengafirkan* dan *menerakakan*.
2. *Layyin* 

Orang yang lembut dan kalem, baik dalam bertutur-kata atau berbuat. Tidak kasar, bermain cantik sesuai aturan, tidak semaunya sendiri, segalanya tertata rapi. Tidak memaksakan pendapat tetapi justru mentoleransi orang yang berbeda pendapat.
3. *Qorib*

Bahasa jawanya *gati*, yakni akrab, ramah diajak bicara, menyenangkan orang yang diajak bicara. Tidak acuh tak acuh, tidak cuek-bebek, tidak suka berpaling. Biasanya murah senyum jika bertemu dan wajahnya berseri-seri dan sedap dipandang.
4. *Sahl*

Orang yang gampangan, tidak mempersulit sesuatu. Pandai bersolusi terhadap setiap masalah. Tidak suka berbelit-belit, tidak menyusahkan, dan tidak membuat orang lain lari dan menghindar.
Keempat karakter tersebut di aras memiliki makna yang mirip, sama, dan saling melengkapi dalam bingkai *Akhlakul karimah*.
Semoga bermanfaat dan maslahat dan keimanan dan ketaqwaan kita terus istiqomah dan bertambah.
*Aamiin Yaa Robbal … Aalaamiiin….* :)👍🙏🙏
*والله اعلم بالصواب…..*
*بارك الله في حياتكم….*

Leave a comment