Berbagi dalam Ramadhan

Mendapatkan kesempatan untuk Buka Bersama merupakan berkah yang luar biasa. Sebagai anak kost, tentu hal ini sangat melegakan. Apalagi di saat-saat akhir bulan seperti ini bagi pegawai negeri sipil seperti diriku. Hehhehehehe..

Karena dalam riwayatnya, disebutkan bahwa:

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا
“Barang siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5/192, dari Zaid bin Kholid Al Juhani.

Namun yang terpenting dari kegiatan Buka Bersama ini adalah menjaga silaturahmi. Sebelas bulan kita senantiasa disibukkan dengan berbagai aktivitas dan sungguh suatu kebaikan jika di bulan berkah ini kita bisa berkumpul dan berbagi.

image
Bukber di Mess Pemda Lutim, Jaksel

image
Bukber Ipmaja Lutim di Jakarta, Jaksel

image
Menu Sop Konro di Mess Lutim, Jaksel

image
Sahur Sehat di Mess Lutim, Jaksel

image
Bukber KKTL di Kediaman ibu Andi Ida Nurshanti, Jaksel

image
Bukber KKTL di Kediaman Bpk. Ramli Patiara, Jaktim

image
Bukber Mahasiswa(i) Langkanai Lutim di Jogyakarta

image
Bukber Bareng Tim Forex, Jogyakarta

Indahnya berbagi…. Semoga semua amalan menjadi berkah…

Mashaallah….

اللَّهُمَّ أَطْعِمْ مَنْ أَطْعَمَنِى وَأَسْقِ مَنْ أَسْقَانِى
“Allahumma ath’im man ath’amanii wa asqi man asqoonii” [Ya Allah, berilah ganti makanan kepada orang yang memberi makan kepadaku dan berilah minuman kepada orang yang memberi minuman kepadaku].

Jika orang yang menyantap makanan mendoakan si pemberi makanan, maka sungguh itu adalah do’a yang terkabulkan. Karena memang do’a orang yang berbuka puasa adalah do’a yang mustajab.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda,

ثَلاَثَةٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمُ الإِمَامُ الْعَادِلُ وَالصَّائِمُ حِينَ يُفْطِرُ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ
“Ada tiga orang yang do’anya tidak ditolak : (1) Pemimpin yang adil, (2) Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, (3) Do’a orang yang terdzolimi.”

Semoga segala amalan menjadi manfaat dan sebenar-benarnya penolong..  ..

Amin.. aminn.. aminnnnnn ya rabbal alaminnnnn…

#notengabuburit #jogyangangenin

la_vie

Advertisements

Kehadiranmu….

Beragam pikiran berkecamuk dalam benakku saat mengetahui tentang kebenaran dirimu. Sungguh suatu shock therapy buatku. Satu persatu bayangan masa lalu mulai kembali bermain di pelupuk mataku, mengindahkan semua rasa duka, amarah, benci, kesedihan yang pernah merajai hatiku.

image

Namun kau tertawa, menertawai kebodohanku. Menertawai ketidakberdayaanku. Ego yang selama ini kupendam jauh di lubuk hatiku terdalam. Kau mempermainkan aku dalam ketidaktahuanku, keterbatasanku.

Meskipun pada akhirnya aku harus menerima kenyataan bahwa aku harus berterima kasih padamu. Berterima kasih atas kepercayaanmu, atas penerimaanmu, atas segala kebaikanmu padaku. 

Namun demikian rasa malu yang membuncah dalam hatiku tak mampu menepikan rasa yang menjadi perisaiku. Kau berhasil mengurai satu persatu ketakutan yang selama ini menyelimutiku. Ketakutan yang tak pernah memberiku kesempatan untuk melihat segalanya dengan obyektif.

image

Aku dengan inginku, dengan egoku, ternyata telah menjadikanku beku dalam diamku. Kebisuan yang memenjarakanku ternyata hanya ilusi yang kubangun sendiri. Sehingga menjadikanku un-aware bahwa masih banyak orang-orang yang peduli dan mau mendengarkan kisahku tanpa menyalahkan sebagaimana asumsiku.

Bersyukurlah aku bertemu denganmu. Sahabat baru yang menceriakan hariku. Mudah-mudahan pertemanan ini akan selamanya.. saling Sipakatau, Sipakainge, dan Sipakalebbi*.. karena setiap kita memiliki kekurangan dan kesalahan yang sekaligus juga kelebihan masing-masing.

Continue reading

Ngabuburit di Bulan Puasa

Wajibnya puasa di bulan Ramadhan telah Allah tetapkan di dalam Al-Qur’an yang berbunyi:

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ(183)

”Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.” (Al-Baqarah: 183).

Nah entah kapan dimulainya.. tapi istilah Ngabuburit telah menjadi salah satu trend di tengah-tengah masyarakat sebagai salah satu aktivitas di bulan Ramadhan. Bukan hanya anak-anak remaja tetapi mereka yang dewasa pun sering melakukannya.

image

Ditambah lagi, semakin banyak program-program ngabuburit yang ditayangkan di TV. Gimana ga jadi trend yakkk, kalau yang ditonton acara ngabuburit para artis… hehehehe.. jadinya tuh para fansnya juga mau melakukan seperti yang dilakukan artis-artis kesayangan mereka. Ada-ga ada duit.. yang penting nge-mall hahahhaa….

Sebenernya apa sih ngabuburit itu?? Ngabuburit ternyata adalah istilah yang berasal dari bahasa Sunda, dengan asal kata “burit” yang artinya waktu menjelang malam hari atau waktu Maghrib. Jadi ngabuburit diartikan sebagai menunggu atau menghabiskan waktu hingga menjelang waktu Adzan Maghrib datang. Nah di bulan Ramadhan ini, istilah ngabuburit diartikan sebagai aktivitas sore menjelang buka puasa (dari berbagai sumber).

image

Kegiatan-kegiatan ngabuburit biasanya  lebih sering dilakukan oleh orang-orang kota. Antara lain jalan-jalan ke mall atau nongkrong di pusat-pusat keramaian atau keliling-keliling silaturahmi. Intinya adalah mereka melakukan pengalihan konsentrasi dari rasa lapar dan haus, sehingga tidak terlalu berasa hingga waktunya berbuka.

Tapi bukan berarti mereka yang tinggal di desa tidak punya kegiatan ngabuburit juga dong. Malah ada yang ke pantai menikmati sunset menunggu waktu berbuka, ada yang olahraga sore, ada yang suka kumpul-kumpul di pojok kampung atau pinggir jembatan sambil main gitar nyanyi-nyanyi.

Sayangnya.. bagi sebagian anak-anak muda, kegiatan ngabuburit ini diartikan dalam pengertian bebas sehingga cenderung mengarah pada aktivitas yang dapat membatalkan puasa. Misalnya, mojok berdua-duaan, ngegosip apalagi sampai fitnah.

image

Padahal dalam salah satu hadits dikatakan Barangsiapa tidak meninggalkan perkataan dan perbuatan dusta serta kedunguan maka Allah tidak butuh terhadap puasanya dari makan dan minum”. (HR. Al-Bukhari, Ahmad dan lainnya).

Kan ga worthed banget.. kalau sudah capek-capek bangun Sahur, mesti puasa menahan lapar dan haus, tapi karena melakukan hal-hal yang membatalkan puasa maka pada akhirnya tidak bisa menjadi pribadi yang meraih kemenangan di bulan suci ini. Karena dalam hadist lain dikatakan :

رُبَّ صَائِمٍ حَظُّهُ مِنْ صِيَامِهِ الْجُوعُ وَالْعَطَش

”Betapa banyak orang puasa, bagian dari puasanya (hanya) lapar dan dahaga”. (HR. Ahmad, hadist hasan shahih).

Alangkah baiknya jika menunggu waktu berbuka bisa dilakukan dengan kegiatan-kegiatan positif, seperti memperbanyak Tadarrus: membaca Al-Quran dan terjemahannya,  belajar, bantuin orang rumah menyiapkan hidangan buka puasa, ngerjain hobby, dan lain sebagainya.

Jadi.. ngabuburit boleh dong.. sepanjang melakukan hal-hal yang positif… hmmmm kalo Karokean boleh ga yah??? Hehheheheh nyanyi kan hobby??? Hmmm asal ga berl3bihan kali’ yah… ckckkckckc #belaindirisendiri deh jadinya 😄

image

Semangat yaaaa.. baru melewati seminggu pertama Ramadhan… jarak tempuh menuju hari Kemenangan masih cukup panjang…  Jadi mesti tetap semangat dan meningkatkan ibadah. Inshaallah berkah….

#MyFreedomSpace

Sumber foto: MyCollection & google image

la_vie

Kasar Maksimal…

Aishhh, ini kan Ramadhan. Semestinya  bukan hanya persoalan menahan lapar dan haus, tapi juga menahan emosi kan yakkk…

Sedih rasanya membaca beberapa komentar serta perseteruan yang saling membuka aib di media sosial. Padahal mengambil hikmah di bulan Ramadhan, bulan yang penuh rahmat ini, kita diharapkan bisa saling menjaga niat, menjaga lisan, menjaga keseharian kita. Pinjam istilahnya Cicie, jangan sampai “Kasar Maksimal” deh hehhehe… yang tentu bertentangan dengan statement yang saya terima semalam dari Dewa “malah aneh kalau tidak kasar, justru lebih akrab kalau kasar” jiahhhhh.. dunia yang luar biasa!!

image

Lima tahun yang lalu adalah pertama kalinya saya terlibat sebuah perhelatan akbar pemilihan kepala daerah di daerah kami. Saat itu saya masih berusaha mencerna kekasaran hingga kebrutalan yang terjadi. Banyak sekali kejadian-kejadian yang tidak masuk akal saya.. tidak bisa saya cerna dengan baik. Namun satu kesyukuran karena saya dikelilingi orang-orang yang selalu siap menjelaskan dam memberikan pemahaman tentang kondisi yang terjadi.

image

image

Menjadi bagian dari Tim Pemenangan Kepala Daerah, merupakan sebuah pengalaman yang luar biasa kala itu. Bagaimana memilih strategi-strategi pemenangan baik itu secara legal maupun diluar kebiasaan. Bagaimana melancarkan aksi-aksi sesuai ketepatan waktu dan pencapaian efek yang diharapkan. Bagaimana bergumul dengan segala isu dan persoalan yang datang secara bertubi-tubi tanpa memberikan ruang untuk sejenak menghela nafas.

Namun dari kesemuanya itu, yang selalu mengganjal menurut saya adalah ketika semestinya perhelatan akbar seperti ini yang seharusnya menjadi pesta bersama dengan penuh suka cita dengan menonjolkan segala keberhasilan dan kesuksesan tokoh yang didukung. Bukan malah menjadi duka yang sangat dalam karena adanya perpecahan yang timbul, saling mencurigai bahkan saling menghujat. Bagaimana dengan mudahnya, seseorang mengumbar aib orang lain dengan penuh percaya diri, menggunakan berbagai trik untuk menjatuhkan lawan, bahkan terkadang sampai pada penyebaran rumor hingga fitnah dalam masyarakat.

image

Cukup lama bagi saya untuk mencerna dan memahami kondisi itu. Hingga akhirnya saya sendiri menarik diri dari bagian Tim inti pemenangan, yang juga karena status yang mulai terbentuk sebagai pelayan masyarakat yang menurut aturan perundang-undangan dilarang untuk terlibat dalam mendukung calon kepala daerah.

Seperti itulah yang saat ini terjadi kembali di daerah kami. Kini, pemilihan Kepala Daerah telah menjadi wacana kembali. Berbagai pihak sudah mulai mempersiapkan serta  memantapkan diri untuk bertarung di Pilkada Serentak 2015 ini. Saling sikut menyikut sudah di mulai. Pelemparan-pelemparan wacana sudah digelar. Bahkan beberapa rumor telah dilepaskan. Sehingga masing-masing tim sudah mulai menjagokan pilihan mereka masing-masing.apalagi menggunakan medsos. Media yang tidak mengenal ruang dan waktu. Bukan lagi lewat pertemuan-pertemuan langsung dengan masyarakat.

image

Meski demikian.. karena ini adalah bulan penuh berkah.. bulan yang penuh dengan kebaikan.. marilah kita saling menjaga diri kita masing-masing dari segala fitnah dan kebencian. Marilah kita saling memaafkan. Marilah kita merengkuh segala nikmat di Bulan Penuh Pengampunan ini. Jadikanlah diri kita sebagai orang-orang yanh akan meraih kemenangan di akhir Ramadhan.

image

Untuk itu saya kutipkan Khutbah Rosululloh SAW Menyambut Bulan Romadhon. (diriwayatkan dari Ali bin abi Tholib):

Mohon di baca dg khusyu dan kerendahan hati… 🙏

Continue reading

Duhai Sang Pemilik Hati ini..

Entah,
Apakah saatnya rasa ini membuncah,
Disaat air mata tak lagi menyisakan lara
Membawa temaram senja bersembunyi di balik asa

image

Haruskah ombak yang bergulung menyapu kembali gelombang air ke daratan
Ataukah hati merelung
Mencari jejak tapak kepastian

image

Menemukanmu telah membuka lorong harapan
Namun belenggu jiwa ternyata tak memberikan kesempatan
Rantai jeruji semakin menekan
Auman panjang lelaki petarung saling bersahutan

Duhai Sang Pemilik Hati ini….
Disini, di sudut relung hati ini,
Doa senantiasa meraja,
Diantara mimpi, asa dan pinta.

Mimpiku adalah inginku
Dukaku adalah kisahku
Namun semua tiada arti wahai Tuanku
Kala hati menanggung rindu kepadamu.

image

Duhai Sang Pemilik Hati ini….
Langgam syair senantiasa kudendangkan,
Kiranya Engkau sudi memberi jawaban
Agar langkah ini tak tertatih kembali.

Kupasrahkan segalanya kepadamu,
Duhai Sang Pemilik Hati ini….
Kiranya berita bahagia yang kuterima ini
Adalah pertanda kasih darimu.

Lapangkanlah hati dan langkahku,
Duhai Sang Pemilik Hati ini…
Agar aku dapat menyatu dengan anganku,
Aku melebur dalam inginku.

Sungguh aku merindumu
Wahai Sang Pemilik Hati ini….

image

#MyFreedomSpace

Sumber foto: google image n personal pict.

la_vie

Errorist itu ….

Hahahaha, maafkan diriku ya momcik… tadinya seh belum niat nulis.. tapi gara-gara PP yang lu pasang.. jadi tergelitik pengen nulis dah wkwkkwkw..

image

Gw tertarik ma PP yang lu pasang… coba aja.. selama ini gw cuma kenal kata “terorist” eh tiba-tiba lu muncul dengan “Errorist” hmmmm sebuah kata baru untukku. Tidak pernah terfikir untuk menemukan kata itu hehehehe… ternyata artinya pun cukup menggemaskan.

Errorist (n) someone who repeatedly makes mistakes, or is always wrong.

Errorist itu masuk dalam kategori kata benda yang diartikan sebagai seseorang yang selalu mengulang kesalahan atau selalu salah. Kerennya.. salahhhh mulu…

image

Nah.. kenapa gw tergelitik… gw jadi inget kisah seorang kawan, temen gw kuliah dulu di negeri Kanguru. Sebenernya anaknya tuh lucu banget dah.. soalnya apa aja yang dia lakuin pasti jadi bahan tertawaaan.. hahhaa lucu vs bego tuh bedanya tipis cuy…

image

Balik ke kawan gw itu.. nah.. dia tuh asalnya dari negara yang matanya rada-rada sipit gitu deh.. tapi uniknya.. mata dia sama sekali ga sipit. Kalo kecil sih iya.. tapi sipit??? Hmm kagak banget dah… nah. Sekarang.. negaranya itu jadi model fashion Indonesia deh. Mulai dari pakaiannya, musiknya.. sampe makanan pun banyak digemari orang kita. Padahal yah… bahan nya sama tapi rasanya aneh.. cobain aja si kimchi.. tau kan??? Ituloh sawi yang di rendam kuah pedas.. hmmmm emang rasanya sesuai selera kita???

Hahaha anyway busway.. balik ke temen gw yak.. awal kenal, gw sempat mikir ihh hebat banget neh bocah. Dia selalu jadi pusat perhatian orang-orang. Kadang jadi kepikir seperti stand up comedy gitu dah…. tapi setelah lama-lama gw perhatikan hmmmm ternyata gw salah hahahhaha.

image

Ternyata doi itu masuk kategori errorist yakkk. Pasalnya, semua yang dia lakukan pasti salah. Tapi satu kemampuan doi adalah membuatnya ditertawakan orang lain. Mungkin juga orang-orang menganggapnya bodoh, namun luar biasanya.. dia care dengan kesalahannya dengan caranya sendiri. Tapi memang itu selalu berulang. Nah.. dengan kata baru ini saya jadi penasaran, apakah dia sadar atau sengaja yah melakukannya hahhahaha.

Hmmm, apakah bisa julukan errorist itu juga diberikan  pada orang-orang yang tipikalnya pemarah??? Hahahha, kondisi marah kan berarti mereka lagi error kan yakkk? kekekkeke….

image

Hmmm nah, kalo kepo itu kira-kira masuk kategori errorist juga ga? Wkwkwkkwkw kan bawaannya pengen tauuuu ajah.. mo apapun keq, mo penting ga penting intinya pengen tau.. kan rada-rada error juga yakk huakakkaka… termasuk gw dong jiahhhhhhh kagak jadi dah.. kalo kepo masuk kategori error.. artinya gw juga # dong wkwkkwkwkwkw… #tepokjidat

Hmmm.. gw jadi mikir sendiri dah.. itulah nikmat terindah di bulan Ramadhan yakk.. jadi dari 12 bulan kita hidup di dunia ini.. ada 1 bulan dimana kita senantiasa kembali diingatkan untuk mengambil hikmah daripadanya. Untuk itu, menjalankan ibadah di Bulan Ramadhan, pahalanya berlipat.

image

Coba saja.. yang pengen diet nah.. diberikan kesempatan untuk melatih diri dengan disiplin waktu. Kita jadi bisa waktu menjaga makan dan minum cukup pada saat sahur dan berbuka puasa. Yang biasa shalat secukupnya saja… yahhh cukup wajib saja.. bisa menambah shalat sunnat tarawih dan witirnya. Yang kurang-kurang ngaji di bulan lain.. bisa punya waktu senggang buat ngaji. Apalagi yang rajin Tarwih ke mesjid, kan jadi ajang silaturahmi juga.. bertemu saudara, kerabat, handai taulan bahkan bisa berkenalan dengan orang-orang baru.. membuka silaturahmi yang bisa jadi merupakan jalan rejeki hehhehe.

Yang jarang-jarang sedekah, ada kesempatan buat lebih peduli pada sesama. Coba aja nyiapin buka puasa buat orang-orang disekeliling terutama buat anak-anak fakir dan atau yatim, insya Allah berkah deh. Ini juga kan sebagai bentuk rasa syukur kita atas segala nikmat Allah, atas kebahagiaan dan rejeki yang diberikan Allah kepada kita.

Belum lagi saat usai Ramadhan dimana kita mensucikan harta dengan zakat Fitrah.. Mashaa Allah… bahkan si Dina usia dua tahun anak mba saya di kost saja pinter bilang “ma, jangan ngomel-ngomel dong, kan puasa” pas mamanya ngomel-ngomel liat sampah depan kamar tetangga jiahhhhh . Walaupun dia baru sebatas copas, tetapi itu adalah ajaran untuk kita selalu berhati-hati dalam berbuat.

image

Jadi yang selama ini masuk kategori  errorist bisa lebih menjaga dan berhati-hati dalam setiap niat, kata dan perbuatan kannn.. tapi yang terpenting dari semua itu.. semoga ibadah di bulan suci ramadhan ini melekat terus sampai bulan-bulan berikutnya hingga akhirnya kita  bertemu lagi Ramadhan selanjutnya, Inshaa Allah.

Pun bagi yang tidak menjalankan ibadah, hahhahaha kembali ke #latenighttalk denganmu momcik ckckkckcc.. bener-bener dah.. kalian aja yang non muslim bisa ikut merasakah hikmah di bulan Ramadhan ini. Betapa bahagia saya ketika kalianpun sesama non muslim saling mengingatkan untuk menjaga bahasa dan sikap yang kiranya bisa dimaknai negatif dan berakibat kurang baik bagi teman-teman yang menjalankan ibadah puasa. Sungguh nikmat yang luar biasa….

image

Untuk itu, jika ada yang kurang berkenan, kiranya saya dapat diberikan maaf lahir dan batin hingga saat kita bertemu, kita dapat saling melebarkan senyum bukan muka bengkok lagi hehehhehe…

Subhanallah, Maha suci Allah dengan segala kebaikan dan rahmatNya bagi kita semua di seluruh penjuru alam ini.. Inshaa Allah, ibadah kita semua di bulan suci Ramadhan ini mendapatkan Izin, Ridha dan kehendakNya. Amin.. amin.. amin.. ya Rabbal alaminnnnn….

Tenkyu momcik.. for the valued convey menjelang istirahat malam dan menjadi inspirasi tulisanku hari ini… have a great day…

image

#edisingetawaindiri #selfexercise #MyFreedomSpace #justme #errorist #justkepo #allbymyself #justforfun

Sumber foto: google image

la_vie

Duka Angeline Bali

Aku jadi mengenalmu karena hampir semua media cetak, tv, radio bahkan media sosial sibuk membicarakan dirimu. Banyak versi yang diangkat dari ceritamu dan membuatku terpana, tak percaya bahkan senantiasa beristighfar ketika membuka laman-demi lamam mengikuti perkembangan-perkembangan penyidikan tentang kematianmu, Angeline Megawe.

image

Siapakah dirimu gadis cantik? Akhirnya akupun melakukan riset kecil tentangmu. Betapa terkejutnya aku… Beragam pertanyaan pun bermunculan di benakku. Mengapa hal itu bisa terjadi padamu? Kenapa mereka begitu tega memperlakukanmu seperti itu? Adakah ini menjadi hukuman atas kesalahan yang kau perbuat ataukah mereka memang gila dan psikopat seperti beberapa statement yang aku baca.

Keluargamu mengabarkan berita kehilanganmu sejak 16 Mei 2015 melalui media sosial. Kakak angkatmu Christina dan Ivon membuat sebuah laman Facebook berjudul “Find Angeline-Bali’s Missing Child” dan mengajak semua masyarakat untuk menemukanmu. Media pun membantu keluarga sehingga ikut ramai memberitakan pencarianmu.

image

Setelah tiga hari berlalu, keluarga pun melaporkan kehilanganmu ke kepolisian. Polda Bali mengerahkan seluruh kekuatan bersama anggota Reserse sampai anjing pelacak K-9 mencarimu hingga perbatasan Bali, Banyuwangi dan Nusa Tenggara Barat. Pencarian ini juga mendapatkan perhatian dari Komisi Nasional Perlindungan Anak dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yambise turut mendatangi kediaman keluargamu. Namun hasil pencaharian mereka nihil. Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi bahkan sempat tidak diizinkan masuk melihat kediaman keluargamu pada Jumat (5/6/2015).

image

Hingga akhirnya dirimu ditemukan tewas terkubur bersama boneka perempuan korea di halaman belakang rumah orangtua angkatmu di Denpasar pada 10 Juni 2015. Hasil visum Forensik menjelaskan engkau menderita traumanotak parah yang mengakibatkan kematianmu.

image

Sungguh tak tega membaca perlakukan mereka terhadapmu. Kau disiksa bahkan diperlakukan dengan tidak sangat pantas oleh orang-orang yang seharusnya menjagamu, merawatmu, membimbingmu dan mengajarkanmu tentang kebaikan dunia ini. Penganiayaan mereka. Perbuatan bejat mereka, bahkan setelah kau merenggang nyawapun mereka tetap menguburkanmu dengan cara yang biadab.

Diusiamu yang delapan tahun dengan beban hidup yang begitu berat. Entah apakah pikirku ini pantas, tetapi membaca kisahmu membuatku berfikir kepergianmu adalah kebebasanmu. Meskipun aku lebih memilih andai saja kau bisa tetap hidup dalam dunia yang berbeda dengan duniamu dulu. Dunia anak-anak yang penuh dengan keceriaan dan kebahagiaan. Dunia yang mengajarkanmu tentang kebaikan, tentang cinta kasih bahkan menjadikanmu tumbuh menjadi remaja dan dewasa dengan kecantikan yang luar biasa.

image

Saya jadi penasaran dengan alasan sebenarnya dari perlakuan ibu angkatmu Telly Margareith Megawe. Padahal dia mengangkatmu menjadi puterinya  sejak kau berusia tiga hari dan selama ayah angkatmu masih hidup, engkau mendapatkan kasih sayang yang melimpah seperti pengakuan saudara dari ibu kandungmu Maisunah (11/06/2015) di Tulurejo, Banyuwangi. Perlakuan sayang itupun berhenti setelah ayah angkatmu meninggal.

Berbagai spekulasi pun berkembang terkait motif pembunuhanmu yang intinya terkait dengan uang. Terutama isu terkait warisan ayah angkatmu Douglas Scardordugh asal Amerika Serikat yang juga pengusaha minyak yang cukup ternama khususnya di Indonesia. Bahkan sekarang kepolisian memfokuskan penyelidikan mereka tentang surat perjanjian yang dituliskan ketika kau diangkat menjadi anak terkait dengan warisan ayah angkatmu.
Mungkin itu salah satunya, tetapi pun kalau itu benar adanya, kenapa dalam kunjungan Menteri pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak ke rumahmu, ditemukan kondisi kamar yang sangat tidak layak untuk kau tinggali? Kenapa hasil visum Forensik menjelaskan selain traumanotak parah juga ada banyak sekali luka-luka disekujur tubuhmu? Termasuk luka akibat sudutan rokok pada tangan, kaki, pantat, wajah, leher dan kepalamu?

image

Salahkah jika aku berfikir bahwa alasan penyiksaan itu adalah ungkapan perasaan ibu angkatmu atau siapapun yang menyiksamu? Apakah mungkin Margareith menyalahkanmu atas kematian suaminya? Karena aku yakin dia mengerti konsekuensi jika dia terbukti menyiksamu bahkan membunuhmu maka dia tidak akan berhak mendapatkan harta warisan atas namamu. Selain itu, urusan adopsimu pun ternyata belum legal adanya. Proses adopsimu belum didaftarkan di pengadilan meski ada bukti tertulis dari orangtua kandungmu.

Menarik benang merah dari tanda-tanda psikopat Dr. John Clarke, Psikolog dari Universitas of Sydney, menjelaskan salah satu tanda-tanda psikopat adalah dia merasa paling penting dan istimewa. Bisa jadi kehilangan suami telah membuatnya berfikir kaulah yang bertanggungjawab. Karena rasa sayang ayah angkatmu telah menjadi kecemburuan padanya. Sepeninggal suaminya, maka kau pun dianggap sebagai beban dengan segala perintah dan tugas yang mesti kau lakukan. Sehingga simpati dan empatinya pun berkurang padamu bahkan dia bisa menjadi kejam dengan menyiksamu. Dia menyalahkanmu atas semua yang terjadi dan bahkan dia tega membuatmu merenggang nyawa. Entahlah, meskipun belum terbukti apakah ibu angkatmu benar-benar terlibat dengan pembunuhanmu tapi itulah yang terlintas dalam spekulasiku.

Karena terus terang aku benar-benar tidak percaya sedikitpun dengan semua penjelasan Agus, satpam yang mengaku kepada polisi telah membunuh dan memperlakukanmu dengan tidak senonoh. Alasan dia meminjam pensilmu untuk menulis surat lantas dia langsung marah dan memukulimu bahkan memperlakukanmu dengan tidak senonoh hanya karena kau mengatakan menurut ibu angkatmu dia tidak becus bekerja. Sungguh tidak masuk akalku. Apalagi dia sendiri yang mengaku telah membunuhmu kepada ibu angkatmu, yang adalah atasannya. Hmmmmm ceritanya terlalu dibuat-buat menurutku.

image

Kehilanganmu adalah duka yang dalam bukan hanya untuk keluarga kandungmu tetapi juga untuk Indonesia dan dunia. Kisahmu adalah pelajaran untuk semua, betapa pentingnya aturan tentang adopsi, betapa pentingnya sikap tanggap menyikapi kondisi seorang anak utamanya bagi para guru, betapa pentingnya kehati-hatian dalam mempercayakan anak pada pengasuh. Anak-anak itu berhak mendapatkan cinta dan kasih sayang.

Meski begitu, Angeline, kini kau telah kembali keharibaan-Nya. Semoga Allah memberikan tempat terbaik untukmu. Karena dirimu telah membuktikan pada semua orang bahwa seorang anak adalah anugerah terindah bagi keluarganya. Semoga orang-orang yang menyiksamu mendapatkan ganjaran dari perbuatan mereka dengan seadil-adilnya.

image

Sumber foto: Google (dari berbagai sumber)

#RIPAngeline #peristiwa #dukaindonesiaku
#MyFreedomSpace

la_vie