Menjadi Baik

Kalau ditanya, semua orang pasti akan menjawab, “saya ingin menjadi orang baik”. Tidak ada satupun yang suka disebut orang jahat. Bahkan orang terjahat sekalipun, pasti akan mengelak dan tetap mau memperlihatkan kebaikannya pada orang lain.

Ketika kita ditanya, seperti apa kita ingin diperlakukan. Maka semua orang akan menjawab “saya ingin diperlakukan dengan baik”. Namun terkadang kita lupa, bagaimana memperlakukan orang lain, meskipun kita selalu ingin diperlakukan dengan baik.

Menjadi baik sangatlah mudah. Namun lebih banyak yang merasa sulit melakukannya. Meskipun dianggap kecil, tersenyum pun adalah sebuah kebaikan, kecuali saat kita tersenyum ketika orang lain sedang berduka. Tentu itu akan sangat menyakitkan hati.

Begitupun ketika kita menyapa dengan santun, membantu dengan ikhlas, melakukan kebajikan-kebajikan yang sifatnya biasa-biasa saja namun berdampak pada kebahagiaan dan kegembiraan orang lain. Hal itu menjadi kebaikan-kebaikan kecil yang tentu akan berdampak besar dalam kehidupan ini jika kita mengambil hikmah daripadanya.

Yang pasti, saya ingin menjadi baik, lebih baik, terus terus dan terus baik.

Meskipun terkadang, saya sendiri bingung dengan makna kebaikan itu sendiri. Kenapa orang-orang baik banyak yang hidup menderita. apakah karena mereka selalu memikirkan orang lain, dan tidak memperdulikan kondisi mereka sendiri. apakah mereka terlalu naif dan menganggap semua orang itu baik, sampai akhirnya dia mendapat perlakuan yang tidak baik?

Intinya, menjadi baik adalah pilihan. Semua terpulang pada diri kita masing-masing. kita sendirilah yang menentukan kita ingin menjadi baik atau sebaliknya…..

#renunganvie

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s