Kelas Foto Advance Online

Belajar dasar fotography membuatku ingin melanjutkan ke kelas advance. Apalagi fotonya menggunakan handphone ku saja. Jadi tidak perlu bawa kamera kemana-mana, cukup hp saja.

Day-1 Street Food

Hari pertama saya kurang sehat sehingga baru bergerak di hari kedua. Demi mendapatkan foto street food maka saya memutuskan untuk sarapan bubur ayam di Lorong Dua sebelum ke kantor.

Day-2  Harsh Light

Nah, yang satu ini sempat delay juga, mendung menyelimuti Malili sehingga susah sekali ketemu sinar matahari. Akhirnya kita mencoba menggunakan senter, Alhamdulillah dapat juga harsh lightnya dan mendapat pelajaran tentang perbedaan cermin dan bayangan, alhamdulillah.


Day-3  Figure To Ground

Kalau teknik satu ini membutuhkan konsentrasi yang lebih. Karena tantangannya menemukan sebuah objek dengan warna yang mencolok dari sekitarnya sehingga langsung bisa menjadi pusat perhatian. Wah.. banyak foto yang disetor tapi belum masuk kategori hingga akhirnya bisa. Yeiii


Day-4  Splashing

Wah.. tantangan foto teknik ini lebih bikin hati merana, bukan aku loh yaaa, tapi asisten fotographer. Berhubung untuk membuat foto cipratan ini, harus menggunakan asisten. Sehingga benda yang jatuh di dalam air menjadi sebuah cipratan yang cantik. Percobaaannya hingga puluhan kali, bahkan sampai memenuhi memori hp dan filenya harus dipindahkan, hanya untuk mendapatkan 3 foto yang memenuhi kriteria, hehehe tapi melihat hasilnya, sungguh menjadi terkagum-kagum sendiri.


Day-5  Negative Space

Nah, teknik ini memberikan tantangan tersendiri. Mirip-mirip dengan FGT sampai-sampai beberapa foto untuk teknik NS ini disetorkan, tapi justru masuk kategori FTG. Rupanya, warnanya tidak boleh mencolol hehehhe..


Day-6  Bird Eye

Untuk teknik yang satu ini sungguh tidak cocok bagi yang phobia ketinggian, karena pengambilan fotonya dari ketinggian, seperti elang yang sedang melihat ke bawah mencari mangsa.


Day-7  Food on Messy

Awalnya aku pikir untuk pengambilan teknik ini, makanannya harus berantakan. Tapi kemudian dijelaskan, intinya adalah meski memperlihatkan makanan atau meja yang berantakan, tetapi tetap menimbulkan ketertarikan atas hidangan yang disajikan. Tadaaa…


Yah.. demikian lah, tujuh hari pernuh dengan teknik-teknik motret yang seru. Ternyata untuk mendapatkan hasil foto yang bagus, diperlukan teknik yang tepat. Bukan persoalan apakah kamera yang digunakan itu canggih dan mahal. Karena biar alatnya bagus, tapi teknik motonya belum dapat, hasilnya juga biasa-biasa saja.

Sangat berbeda ketika kita paham akan teknik pengambilan gambarnya, maka meskipun hpnya biasa, yang disajikan biasa, maka hasil fotonya  akan luar biasa..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s