Yuks, ke Danau Matano

Saya tinggal di Sorowako, namun bekerja di ibukota kabupaten Luwu Timur yakni Malili, yang ditempuh dalam waktu sejam berkendara dari Sorowako. Sorowako memiliki danau Matano cantik dengan kedalaman sekitar 590m. Disebut sebagai danau terdalam di Asia Tenggara dan urutan ke delapan di dunia. Matano sendiri berarti air dalam bahasa setempat. Meski tinggal disini, jarang sekali saya bisa bermain di danau Matano seperti saat saya masih kecil dulu. Sehingga saat mengetahui jadwal tugas pendampingan saya (Sabtu, 12/6/2021) akan berkunjung ke danau Matano, saya menjadi sangat bahagia dan senang sekali.

This image has an empty alt attribute; its file name is img-20210612-wa0157.jpg

Kami berangkat cukup pagi meninggalkan Malili menuju Sorowako dan langsung menuju dermaga Sorowako. Disana telah menunggu 3 speed boat yang akan kami gunakan berkeliling. Aku lalu membagi timku; fotographer Ayik ikut di speed boat yang digunakan Bupati Luwu Timur, Budiman, Kameramen Ully dan Ridho bersamaku di speed boat yang terpisah dan teman protokol Tika dan Rasma bersama rombongan lainnya di speed boat yang lebih besar dengan kapasitas penumpang lebih banyak.

This image has an empty alt attribute; its file name is img-20210612-wa0064.jpg

KALI DINGIN LAWA

Tujuan pertama kami adalah ke Kali Dingin Lawa. Disana telah menunggu teman-teman yang lebih dahulu bahkan menginap menikmati indahnya danau Matano dengan tenda-tenda di tepian danau. Rupayanya kami disambut dengan hidangan luar biasa. di Tempat ini, Bupati Budiman memberikan pengarahan kepada Kepala Desa Matano dan masyarakat Matano yang hadir untuk senantiasa menjaga alam dan lokasi wisata Lawa.

This image has an empty alt attribute; its file name is img_20210612_092320.jpg

DESA MATANO

Meninggalkan Kali Dingin Lawa, kami menuju salah satu villa di Desa Matano. Wah, keren banget villanya, serasa orang paling kaya yang punya, dengan danau yang terhampar luas di hadapannya.

This image has an empty alt attribute; its file name is img_20210612_113128.jpg

TAIPA

Selama ini saya melihat gambar-gambar yang berseliweran di laman facebook. Akhirnya kami sampai juga ke tempat ini. Mashaallah, luar biasa hasil kerja Pak Desa Sorowako Lau Jiha, yang telah merubah tempat ini menjadi sebuah lokasi wisata dengan beragam fasilitas yang bisa digunakan. Tentu tidak lepas dari spot-spot foto yang keren dan kekinian.

This image has an empty alt attribute; its file name is img_20210612_165504.jpg

GOA AIR

Kami juga melewati Goa Air. Meski tidak singgah, tapi Goa air ini merupakan salah satu destinasi wisata di danau Matano yang Disebut Goa air karena untuk masuk ke dalam goa, kita harus menyelam di pintu goa yang tertutup air. Di dalam Goa, kita akan menemukan stalaktit atau batuan runcing dan lancip, kadang berongga yang menggantung di langit Goa dan menghadap ke bawah. untuk yang senang uji nyali, kita juga bisa memanjat di depan goa untuk naik ke atas dan terjun ke bawah, di tengah-tengah goa.

This image has an empty alt attribute; its file name is img_20210612_134052.jpg

Selalu bahagia jika bisa bertugas sambil piknik, karena akan sangat berbeda dengan saat kita melakukan wisata biasa. Yuks ke danau Matano, menikmati indahnya karunia Ilahi dengan kejernihan danau dan keindahan alam di sekitarnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s