Expert Class 23

Belajar photography memang membutuhkan kesabaran tingkat tinggi, apalagi jika motret sesuatu yang biasa-biasa saja menjadi sebuah karya yang keren. Untuk itulah diperlukan teknik pengambilan gambar, baik angle atau sudut pengambilan gambarnya, pencahayaan, dan sebagainya.Untuk itulah saya kembali mengikuti kelas photography online yang dibuka oleh Kelas Moto Teh Ina by Ina Ghassany dengan Admin Rina Saraswati Aras.

Kali ini saya mengikuti kelas Expert yang bertujuan untuk membuat foto yang lebih menarik dengan mempelajari pencahayaan exposure, warna tone, komposisi dan waktu pengambilan foto.

Day-1, Framing Photo

Tugas hari pertama ini harus benar-benar kreatif karena temanya adalah frame atau bingkai. Sempat berfikir panjang apa yang harus daya lakukan, karena tidak punya pagar, biasanya sih bagus di pagar. Akhirnya jepret jepret pakai lingkaran, kotak-kotak eh terfikir pakai bambu penggulung sushi, biar sedikit dramatis dengan panjang matt nya. Eh, ternyata tidak semudah yang saya bayangkan, membuat bulatannya yang sedikit challenging.


Day-2, Fokus on the Ground Photo

Tugas hari kedua gampang-gampang susah. Karena ambil foto terang di background blur di depan tanpa bokeh. Jeiiii sekian banyak foto, tetap saja bokehnya muncul..


Day-3, Foreground Foto

Tugas hari ketiga kebalikan dari tugas hari kedua. Sempat kirim foto yang komentarnya mentor bikin imun turun pagi-pagi, tapi jadi lebih paham penugasannya. Kali ini obyeknya di depan dan backgroundnya menjadi blur.


Day-4, Abandoned Photo

Nah, tugas hari keempat ini bikin mikir panjang mau foto apaan. Wah, akhirnya teringat beberapa buku-buku tua yang tersimpan. Idenya adalah motret benda-benda usang. Wah.. apanya yang bagus ya? Foto benda karatan, benda tua, benda yang sudah tidak digunakan.. wah.. ternyata saya salah, begitu lihat hasil fotonya, auchhh jadi senyum-senyum sendiri ternyata keren yakkk…


Day-5, Urban Decay
Wah, tugas hari kelima terasa berat karena hujan di pagi hari sampai sore. Lewat deh waktu setor foto. Begitu ada matahari sedikit jelang magrib, saya pun berkeliling-keliling kota Malili. Akhirnya menemukan empat bangunan tua yang cukup creepy dan seram-seram. Aishhh ternyata hasil fotonya  cakep.. seperti di luar negeri gitu deh .. ternyata tema hari ini makin serem makin dapat feel fotonya.


Day-6, Hands in Frame

Waduh ga ada yang bantuin foto, padahal tugasnya foto tangan. Akhirnya nunggu waktu pulang ke rumah dulu baru bisa nemu tangan cantik buat objek. Tangan inilah yang telah merawatku dari kecil hingga besar, namun tetap terawat bahkan kadang bikin iri karena kecantikannya. Tentu saja hasil fotoku pun bikin senyum-senyum sendiri.


Day-7, Digital Imaging

Kali ini, aku hanya kepikiran untuk bermain dengan bijih-bijih kopi. Kalau yang lainnya senang dengan splash air dan potongan-potongan buah. Benar-benar dituntut kreatifitas dan imaginasi apa yang harus dilakukan. Akhirnya saya jadi paham teknik pengambilan gambar digital imaging, wah.. hasilnya memang luar biasa…


Intinya belajar dan belajar. Dengan ilmunya, kita akan semakin nyaman dalam melakukan sebuah kegiatan. Apalagi motret sudah menjadi bagian dari keseharian kita. Yang mana terkadang kita berusaha untuk menyimpan memori moment yang kita alami. Dan saya menemukan manfaat yang luar biasa. Mungkin kamu pun bisa menemukan manfaat itu.

Selamat mengeksplore kemampuanmu yaaa…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s