Kadang Kita Lupa

Kadang kita lupa, kita lebih memperturutkan emosi dan kebencian ketimbang empati dan persahabatan. Sehingga yang timbul adalah prasangka / prejudice tanpa melihat apakah itu merupakan sebab atau akibat.

Kadang kita suka lupa bahwa semua yang kita alami hari ini adalah dampak hari kemarin dan merupakan sebab pada apa yang akan terjadi keesokan hari. Jadi memperbanyak introspeksi diri akan membuat kita mengerti akan apa yang terjadi, bukan menduga-duga apa yang sedang terjadi.

Kadang kita lupa, bahwa orang lain akan bereaksi terhadap apa yang kita lakukan. Sehingga ketika kita ingin diperlakukan baik, maka berusahalah baik. Bukan kita saja yang mau diperlakukan baik tapi berbuat seenaknya pada orang lain.

Kadang kita lupa posisi kita berdiri, karena kemampuan kita lebih dari orang lain di sekitar kita. Karena itu kita berbuat sekehendak hati, menyepelekan mereka yang “tidak punya” di sekitar kita tanpa memperhatikan bahwa orang itu lebih berhak dari kita dan mereka pun berhak mendapat sebuah perlakuan.

Kadang kita lupa bahwa hidup ini tidak hanya tentang kita, tapi bagaimana kita berbagi, bagaimana kita berinteraksi dan bagaimana kita menempatkan posisi kita. Karena setiap orang memiliki hak untuk menentukan dengan siapa dan bagaimana dia menikmati hidup.

Kadang kita lupa bahwa bahagia itu milik semua orang. Bahagia itu bukan hanya tentang dirimu. Bagiku, bahagia itu ketika kita mampu berbagi, ketika saya menjadi manfaat bagi orang lain, dimana saya ikhlas dan ridha untuk berbagi. Karena meski kau memiliki segalanya, bagiku, ridha Allah, SWT adalah segalanya dan itu jauh lebih berarti dari segalanya.

Kadang kita lupa bahwa nikmat hari ini bisa saja menjadi nikmat terakhir yang kita miliki. Karena ajal itu adalah hak mutlak Allah SWT. Jadi berbuat baiklah, berprasangka baiklah… bisa saja itu adalah kebajikan terakhir darimu.

#menungguwaktu

la_vie

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s