Kuliner Jepang -2-Sushi

Lanjut bagian ke-2

Setelah penyajian Sashimi, Chef Osawa mengajak hadirin membuat Sushi Roll dengan 2 teknik penyajian.

image

Sushi

Kebanyakan orang salah menganggap bahwa sushi adalah makan ikan mentah. Padahal sushi adalah makanan Jepang yang berarti nasi yang diberikan bumbu cuka, gula, dan garam. Nah yang ikan mentah itu yaa sashimi yang udah aku tulis sebelumnya. Hehehehehehe… 

image

Membuat Sushi ternyata gampang-gampang susah. Sederhana namun membutuhkan keterampilan tersendiri. Mulai dari teknik membuat nasi sushi dengan saos khusus, menggulung sushi dengan isinya, dan juga menghias sushi untuk penyajian.

Berikut tips membuat sushi roll dari Chef Shuichi Osawa – Japanesse Master Chef Restoran Sana Sini, Pullman Jakarta Indonesia:

1. Nasi difermentasi sebelum dibuat sushi. Caranya dengan menambahkan cuka ke atas nasi hangat dan mengaduknya sampai rata.

Perbandingan cuka dan nasinya adalah 1:10. Setelah diaduk, diamkan nasi sampai dingin agar mudah diolah menjadi sushi. Saat mengaduk nasi, mesti hati-hati agar nasi tidak hancur.

image

2. Berhubung beras Indonesia kurang lengket jika dibandingkan dengan beras Jepang namun tetap bisa menggunakan beras lokal untuk membuat sushi. Yang bisa dilakukan untuk membuatnya menjadi lebih lengket adalah dengan menambahkan bubuk agar-agar berwarna bening saat memasak nasi.

3. Di Jepang, nasi sushi difermentasi di dalam wadah yang terbuat dari kayu. Hal itu dikarenakan kayu mampu menyerap cairan berlebih sehingga nasi pun tidak terlalu lembek.

4. Salah satu teknik mendinginkan nasi dengan cara membawanya ke pinggir wadah sambil dikipas-kipas

5. Saat akan mulai membuat sushi roll, perlu diperhatikan bahwa dalam menggunakan nori atau rumput laut kering untuk pembungkusnya,  pastikan bahwa bagian yang teksturnya halus merupakan bagian luar. Sedangkan bagian yang sedikit kasar berada bagian dalam.

6. Selain sushi roll biasa, dapat juga dibuat dalam bentuk futo maki, sushi roll tebal dan ura maki, sushi roll yang dibuat terbalik dengan lembar nori di bagian dalam dan nasi di bagian luar.

image

7. Sebaiknya menggunakan sarung tangan plastik saat akan membuat sushi. Jangan lupa untuk membasahi jari tangan dengan sedikit air agar nasi tidak menempel ke tangan

8. Penting untuk diperhatikan, saat meletakkan nasi pada gulungan sushi roll, usahakan untuk tidak menekan-nekan nasi. Cukup ratakan menggunakan tangan. Selain itu, ketebalan nasinya pun harus sama.

image

9. Setelah nasi rata, mulailah meletakkan isian sesuai selera.
Beberapa isian sushi roll biasanya terdiri dari daging ikan salmon, tuna, udang, gurita dan jenis boga bahari lain dalam bentuk mentah sehingga terasa sangat segar. Bisa juga ditambah alpukat atau ketimun yang dipotong memanjang. Selain itu sushi juga tidak diberikan bumbu terlalu banyak, sesuai dengan filosofi budaya Jepang yang sangat menghargai segala sesuatu yang alami.

image

10. Setelah diatur maka secara perlahan, nasi dan isinya digulung. Sebagai tambahan ada juga sushi yang diberi biji wijen untuk taburan di bagian atasnya, tapi tidak menggunakan minyak wijen.

Tadaaa… jadilah sushi yang diinginkan.. seperti yang diperagakan Leila Fitriyani Wahab, yang juga alumni Kosmik Unhas seperti kanda Mubarika Darmayanti yang mengundangku bersama beberapa blogger Indonesia lainnya dalam acara.

image

Banyak hal yang dapat kita pelajari dari melihat dan menikmati hidangan kuliner dari dalam negeri sendiri maupun mancanegara. Bahkan dengan menghadiri pengenalan kuliner Jepang yang diadakan oleh Bagian Penerangan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Jepang di Indonesia ini, banyak sekali informasi tentang bagaimana mengolah bahan makanan laut menjadi sebuah santapan yang lezat dan sehat serta filosofi dari bahan masakan itu sendiri.

Sehingga tidak heran kalau Master Chef yang berasal dari Kiryu Gurma Jepang ini tidak hanya master di makanan Jepang, Master chef Osawa  juga pandai membuat masakan Indonesia dan Eropa. Suami dari Desy Safarina ini merupakan penggemar masakan Padang dan sangat suka dengan Rendang.

Dari empat tahun pernikahan dengan puteri Indonesia kelahiran Kalimantan ini, mereka dikaruniai seorang puteri bernama Yurika Osawa (3) dan seorang putera, Muhammad Hiroki Osawa (2bln).

image

Arigato Chef… Sukses terus ya… oh iya… sebelum tulisan ini kuakhiri.. Setelah makan sashimi atau sushi, orang Jepang biasanya makan sup miso di akhir makan untuk membantu pencernaan. Jadi bukan kayak kita di Indonesia, sop nya dicampur ke nasi yaaaa kekekekek…. di pergaan ini Chef Osawa sempat mengajarkan teknik membuat kaldu.. dari bahan ikan cakalang maupun rumput laut.. uihhh saya lebih suka yang cakalang.. rasanya lebih segar dan agak manis. tapi bagi yang suka minum teh hijau.. sepertinya bakal lebih suka kaldu rumput laut deh.. hehhehe.. selamat mencoba..

image

Sepp yakkk..

Sumber foto: Koleksi pribadi

#ceritavie #myfreedomspace #askvie

la_vie

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s