HBH IKA Unhas 2018

Kemarin (22/7/18) usai sholat subuh aku mengorder gojek untuk mengantarku ke kantor kementerian Perindustrian jalan Gatot Subroto Jakarta. Meski gelap masih mewarnai dan dingin masih membekap, aku mencoba menyemangati diri. Sedikit agak tergesa karena bangun kesiangan, syukur-syukur ada Tety sahabatku yang membangunkan. Padahal alarm dan telpon dari Giedha terus berdering namun tak ku dengar.

Akhirnya sampai juga aku di kantor kementerian perindustrian. Disana aku bertemu Giedha, kawan yang akan menemaniku bersama ribuan rombongan alumni Unhas menuju Istana Kepresidenan Cipanas dalam rangka Halal Bi Halal Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin 2018. Antrian cukup panjang saat aku tiba, kami semua harus melalui mesin screening sebelum naik ke bus yang akan ditumpangi.

Usai melewati mesin screening, kami dibagikan baju kaos. Lalu aku memilih untuk naik bus nomor lima, karena keempat bus di depan sudah hampir penuh dan berdua Giedha kami mau duduk di kursi depan πŸ˜€. Belum lama kami duduk, satu-persatu peserta akhirnya mengisi kursi kosong lainnya sehingga bus kami penuh. Total 8 bus yang berangkat pagi itu menuju Cipanas.

Dengan bantuan Ita, panitia khusus escort di bus kami, sticker dan kudapan pun dibagikan. Kudapan yang cukup untuk sarapan pagi, mengisi perut keroncongan yang hanya tersentuh segelas air putih hangat sebelum meninggalkan mess. Segelas air mineral ditemani arem-arem, roti manis dan risoles.

Akhirnya bus berangkat menuju Cipanas. Peserta HBH di bus kami semua koplak dan membuat perut sakit karena tertawa. Belum lagi sopir bus dan keneknya yang selalu punya topik pembicaraan yang tak kunjung usai. Ditambah suara merdu seorang peserta yang berkaraoke sepanjang perjalanan menuju puncak. Pokoke seruu

Ketika tiba di Cipanas, kami langsung menuju lokasi acara. Di bawah tenda besar, berkumpul ribuan peserta HBH. Tak lama kemudian, acara dimulai, semilir angin berhembus, meski terik matahari membakar kulit, namun sejuk Bogor kota Hujan terasa menyambut suasana kekeluargaan dalam kebersamaan ikatan alumni Unhas.

Rangkaian-demi rangkaian acara pembukaan dilalui, dilanjutkan jalan santai bersama mengitari halaman istana kepresidenan Cipanas. Aneka tanaman hias dan pepohonan diatur sedemikian rupa sehingga menjadi hutan kecil yang cantik. Jalan santai ini dipimpin langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia HM Jusuf Kalla yang juga adalah Ketua IKA Unhas.

Turut hadir Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi Prof Aswanto, Ketua MK 2013-2015 Hamdan Zoelva, Dirjen Inovasi Kemenristekdikti Jumain Appe, Rektor Universitas Hasanuddin periode 2006-2014 Prof dr Idrus Paturusi dan Gubernur Sulsel terpilih 2018-2023 Prof Nurdin Abdullah serta para Civitas Akademika Unhas.

Beragam kegiatan mewarnai Halal Bi Halal. Berbeda dari lazimnya sambutan, dalam suasana kekeluargaan Jusuf Kalla menerima kehadiran para alumni dan rombongan dengan beragam gurauan. Tak lepas dari pandangan, sosok wakil presiden RI dua periode inj senantiasa berkelakar disambut tawa bersama alumni dan civitas Unhas.
Bahkan saat memberikan sambutan, sang cucu tak melepaskan diri dari JK. Sambil berseloroh, JK pun menceritakan bahwa hanya ada tiga orang yang bisa memerintah dirinya, meskipun sebagai Wakil Presiden. β€œTiga orang yang dapat memerintah saya; Presiden, Cucu saya dan Tukang Foto saat pengambilan gambar resmi,” gurau Jusuf Kalla disambut tawa hadirin.

Suasana kekeluargaan ini diisi dengan beragam aktivitas. Setelah jalan santai mengelilingi hutan kecil di pekarangan istana, juga dilakukan penanaman pohon alpokat dan jambu bool, donor darah dan aneka permainan seru seperti lomba joget, lomba bakiak untuk perempuan, lomba Engrang untuk laki-laki, dan lomba bawa kelereng untuk anak-anak.

Sebagaimana harapan pak JK, bahwa kegiatan halal bi halal merupakan wadah silaturahmi, tentu saja bertemu kembali dengan rekan-rekan alumni Unhas bisa memberikan beragam informasi unik dan dapat diambil manfaatnya. Utamanya kontak dan hubungan relasi yang semakin luas.

Tentu saja bisa bergembira karena saya #I’MSOSPOL Bersama, Bersatu, Berjaya πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ.

Thanks to Giedha yang udah mau menemani dan tanpa drama πŸ˜‰ πŸ™πŸ™πŸ™ .

* * * *

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s