Tomcat di Sorowako

Ya ampun… kaget juga dengar berita ada tomcat menyerang teman yang sedang membangun rumah di Sumasang, Sorowako. Tahun lalu, berita yang menyebar tomcat menyerang surabaya, sekarang di kampung sendiri. Hiiii seremmmmm.

image

Dari berbagai sumber saya menemukan bahwa tomcat biasa juga disebut semut kanai atau semut kayap. Serangga tersebut adalah kumbang memiliki ukuran relatif kecil, sekitar 1 cm sehingga kadang tidak dikenali.

image

Serangga Paederus/Pestisida ini biasanya menyerang untuk mempertahankan diri atau apapun yang dianggap menggangggu.  Keunikan serangga ini adalah bagian sayap yang tak menutupi seluruh abdomen.

Akibat jika terserang serangga ini adalah dermatitis, dimana kulit melepuh seperti mengalami luka bakar dan mengeluarkan cairan. Tapi tidak usah panik karena tidak menyebabkan kematian.

image

Nah, jika terkena serangga ini, jangan di garuk tetapi cucilah dengan air mengalir dan sabun agar menetralisir racun. Bisa juga dibilas dengan air hangat yang dicampur garam dapur. Lalu bisa dioleskan Kalium permanganat atau salep untuk mengobati.

Setelah penanganan pertama, laporkan pada petugas kesehatan di sekitar Anda dan berhati-hati karena tomcat hidup di tanaman dan kayu dan tempat yang lembab dan terang.

#RenunganVie

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s