LUKISAN ALAM

DAY 18 – LUKISAN ALAM

Semilir angin menerpa wajahku di tepi sungai Malili. Senja yang temaran meninggalkan hangat mentari memeluk malam. Serabut jingga berpagut manja menyambut kawanan burung yang pulang kembali ke sarang. Perlahan pendar cahaya lampu kubah Mesjid Agung Malili terpancar silih berganti. Laksana sapuan kuas lukisan alam Bumi Batara Guru. Lembut, mendayu, hangat menyatu dalam keheningan.

Berpuluh tahun lalu, aku pernah berdiri di tempat yang sama kupijak saat ini. Namun kala itu aku tak pernah mampu bertahan di tengah ayunan jembatan gantung yang bertumpu pada untaian kabel pada kedua belah sisi. Sementara di bawah, aluran sungai yang tenang bukan tanpa penghuni. Terkadang mencekam namun lukisan alam dihadapanku memiliki kemampuan magis yang selalu membawaku melambung ke angan lepas.

Dengan bekal pembangunan di daerahku, maka jembatan gantung itu kemudian dipatenkan menjadi jembatan beton sebagai sarana penghubung kokoh antar dua kebanggaan yang terpisah aliran sungai Malili. Tidak lagi menyisakan samara dalam dekap ayunan kesiagaan. Sehingga aku bisa berdiri tegak di tengah jalur yang panjang, memandang indahnya lukisan alam dan menyeru keagungan namaMu Tuhan dalam getar irama syahdu.

Sayup ku dengar kumandang Adzan menyerukan asmaMu. Kuikuti perlahan bertasbih mengagungkan namaMu. Menyisir pandangan pada gelap yang semakin mendekat meninggalkan misteri Ilahi. Berbondong manusia menyemat sejadah semakin mendekat pada IstanaMu. Namun ada pula yang tetap berjibaku dengan keriuhan dunia. Padahal Allah telah janjikan bagi mereka yang menjadikan amal menunggu waktu sholat adalah terhapusnya dosa dan tersucikannya diri dari dosa.
.
.
@cahyadi_takariawan
@_dssttaa credit for the pict 

#belajarmenulis
#kmobasicbatch49
#antologi17
#200kata
#ceritavie
#viestory
#vienulis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s