Laksamana Cheng Hoo

Day 21 – LAKSAMANA CHENG HOO

Pandanganku sedikit teralihkan pada sebuah patung yang berdiri kokoh di depan Pos TNI AL Lampia Luwu Timur. Hingga akhirnya kuketahui bahwa patung itu adalah replika dari Laksamana Cheng Hoo atau Zheng He. Seorang pelaut dan penjelajah Tiongkok terkenal yang memiliki nama asli Hanyu Pinyin dan nama muslim Haji Mahmud Shams.

Setelah melakukan perselancaran di dunia maya, hal berikutnya yang membuka mataku adalah bahwa Laksamana Cheng Hoo berasal dari Suku Hui pada masa Dinasti Ming. Sebuah suku minoritas di China yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Laksamana Cheng Hoo melakukan ekspedisi pelayaran ke Nusantara hingga Taiwan antara tahun 1405 hingga 1433. Tujuh kali mengunjungi Indonesia, Laksamana Cheng Hoo menlakukan misi penyebaran agama Islam yang jejaknya terekam di beberapa mesjid yang berdiri di Surabaya, Palembang, Malang dan beberapa lainnya.

Meskipun Laksamana Cheng Hoo tidak pernah menginjakkan kaki di Sulawesi Selatan, namun panglima dari Negeri China ini kemudian menjadi inspirasi sebuah masjid di Makassar, ibukota Sulawesi Selatan. Mesjid yang diberi nama Mesjid Muhammad Cheng Hoo, terletak di Jl. Tun Abdul Razak, Kabupaten Gowa atau di sebelah utara kota Makassar. Warna cat masjidnya didominasi merah cerah. Kubah utamanya berundak-undak seperti pagoda juga seperti modifikasi susunan atap Sulsel, dengan struktur kental usur Tionghoa, sangat berbeda dengan kubah masjid pada umumnya. Arsitekturnya memadukan tiga unsur Arab, Sulsel dan Tionghoa.

Nama mesjidnya disematkan sebagai bentuk mengenang jasa-jasa Laksamana Cheng Hoo dalam menyebarkan Islam di Indonesia. Sehingga masjid ini menjadi tempat pembinaan mualaf atau orang yang baru memeluk agama Islam juga menjadi lokasi wisata religi..

Lalu, kenapa dia bisa berdiri di depan Pos AL Lampia, Malili?

.

@cahyadi_takariawan

#belajarmenulis

#kmobasicbatch49

#antologi17

#200kata

#ceritavie

#viestory

#vienulis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s