TEKNOLOGI

Day 35 -TEKNOLOGI

Baru saja aku tiba di parkiran motor, hpku berbunyi. Lalu kuangkat dan bebicara cukup lama. Sebelum menuutpnya, “Tabe,  saya kasih nomorta ke tamu yang akan datang di. Kita komunikasikan untuk dapat tandatangan digital Bapak Bupati,” pesan suara di seberang.

“Siap pak, laksanakan” jawabku seraya menutup telepon.

Mulailah aku berdiskusi dengan tamu yang akan datang. Koordinasi terkait email resmi Kabupaten. Rupanya tandatangan digitalnya harus jadi di hari yang sama. Syukurnya semua pihak yang aku hubungi dapat bekerjasama dengan baik. Alhamdulillah, tandatangan digital pun jadi.

Tibalah saat kami Gladi persiapan acara. Aku mulai diberikan penjelasan tentang proses tandatangan digital yang diperlukan. Cukup lama aku terpana dan terkagum-kagum akan dampak teknologi yang ada dihadapanku.

“Jadi, nanti MC akan meminta kesediaan Bapak Sekjen untuk tanda tangan, jedah sebentar supaya kita mendapatkan tampilan di layar monitor proses tandatangan hingga muncul barcode di lembar tandantangan ya mba. Selanjutnya Bupati Luwu TImur dengan proses yang sama,” aku menyimak penjelasan-demi penjelasan yang membuatku semakin kagum.

Lalu aku melihat tampilan layar monitor. Betapa kita sudah akan meninggalkan era penggunaan kertas menuju digital. Bukan hanya tandatangan digital, materai pun bisa didigitalkan sehingga tampilannya e-materi dan e-tandatangan. Mashaallah.

Meskipun saya terkagum-kagum dengan dampak dari kemajuan teknologi digital ini, tapi tetap ada ribetnya, mungkin karena belum terbiasa. Konektivitas sangat penting sekali antara alat yang digunakan, aplikasi yang digunakan dan kemampuan manusia dalam mengoperasikannya. Welcome 5.0 era di kabupaten paling ujung Sulawesi Selatan. Sebuah bentuk penyelesaian berbagai tantangan dan permasalah sosial dengan memanfaatkan inovasi yang lahir di era Revolusi Industri 4.0 dan berpusat di teknologi.  Teknologi akan sangat berguna jika dapat dimanfaatkan dengan baik dan bijaksana.

.

.

@cahyadi_takariawan

 

#belajarmenulis

#kmobasicbatch49

#antologi17

#200kata

#ceritavie

#viestory

#vienulis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s