MENGGALI POTENSI DIRI

Day 34 – MENGGALI POTENSI DIRI

Mendapatkan tawaran sebagai pembicara bukanlah hal yang pertama bagiku. Tapi berbicara di forum resmi Workshop Pertambangan di universitas terkenal di negeri Kanguru membuatku tak mampu berkata banyak. Apakah aku mampu, apa yang akan kusampaikan dan bagaimana aku bisa memupuk kepercayaan diriku.

Bismillah, aku akhirnya memberanikan diri menerima tawaran itu dan mempersiapkan sebuah bahan tentang kepemimpinan dan pengaruhnya pada praktek pertambangan di kampungku. Setelah tulisanku diterima dan materiku mendapatkan beberapa kali koreksi, akhirnya aku bisa mendapatkan konfirmasi untuk berangkat.

Aku tiba saat musim semi. Bunga-bunga bermekaran dan aku langsung jatuh cinta pada gerbang masuk kamarku. Sebuah pohon mawar menjadi pintu gerbang dengan bunga-bunga pink yang bermekaran begitu cantik. Kamarku sederhana, sebagai pembicara aku diberikan fasilitas untuk tinggal di kamar asrama kampus. Aku juga beruntung karena kamarku tidak jauh dari lokasi workshop juga perpustakaan. Dan aku diberikan akses penuh untuk menjelajah di perpustakaan yang merupakan tempat terfavoritku di kampus.

Keraguan sempat menyapaku kembali sebelum aku masuk ke ruangan menunggu giliranku berbicara. Namun, Prof. Kathy memberiku semangat dan akhirnya aku dapat menyelesaikan misiku datang di tempat itu. Aku mendapatkan banyak masukan dan informasi yang memmperkaya materiku.  Dalam hidup ini, kita membutuhkan seorang guru yang bisa menuntun kita untuk tahu potensi yang kita miliki.

Sebagaimana Imam Al Ghazali menyebutkan 4 golongan manusia; 1. Seseorang yang tahu dirinya berilmu dan dia menggunakan ilmunya untuk bermanfaat bagi orang lain. 2 Seseorang yang memiliki potensi tapi tidak tahu cara memanfaatkan potensinya sehingga membutuhkan guru. 3 Seseorang yang tahu kekurangannya dan berusaha memperbaiki dirinya dan 4. Seseorang yang merasa berilmu dan merasa lebih tahu. Semoga ini menjadi bahan instropeksi dalam menggali potensi diri kita semua.

.

.

@cahyadi_takariawan

 

#belajarmenulis

#kmobasicbatch49

#antologi17

#200kata

#ceritavie

#viestory

#vienulis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s