Berbeda

Day 26 – BERBEDA

Sore itu aku sedang bermain bersama Broody saat pak Graeme pulang dari kantor. Seperti biasa, pak Graeme mengangkat puterinya, bermain sebentar kemudian masuk ke kamar untuk bersih-bersih. Lalu ibu Sue akan ke ruang depan, membawa penganan dan minuman untuk kami nikmati bersama. Ibu Sue sangat suka membuat kue dan semuanya enak.

Perkenalan kami cukup unik. Broody membuat kami kaget ketika berteriak “Ghost” padaku. Hijabku adalah hal yang baru untuk Anak Australia itu. Berawal dari insiden itulah, ibu Sue jadi sering mengajakku berkunjung ke rumahnya untuk menemani Broody bermain dan memperkenalkan budaya Indonesia padanya. Meski Bahasa Inggrisku masih terbata-bata, namun bagiku ini adalah peluang untuk belajar.

Tak lama pak Graeme keluar dari kamar kemudian bercengkerama bersama kami di teras rumah.

“How’s your school?” tanyanya padaku.

“Bagus pak, dan sebentar lagi kami akan libur sekolah. Bagaimana dengan program magang yang pernah Bapak tawarkan? apakah aku bisa belajar kerja?” tanyaku ragu. Pak Graeme pernah menjelaskan padaku bahwa anak sekolah di Australia selalu memanfaatkan waktu libur untuk mencari uang. Caranya dengan membantu mengerjakan pekerjaan rumah seperti memotong rumput, memperbaiki pagar, mengecat rumah dan banyak lagi. Mereka diajar mandiri sejak kecil. Dari hasil kerja itulah mereka bisa membeli barang-barang yang mereka inginkan bahkan untuk berlibur. Tapi karena Sorowako berbeda, maka pak Graeme menawarkanku belajar adminisitrasi di kantornya.

“Sure, why not? Kapan kamu bisa mulai kerja? I will ask Astrid to prepare it for you.

Tak terkira bahagia yang kurasakan. Aku yang masih anak SMA bisa belajar kerja di perusahaan. Mengenakan pakaian safety, helmet dan menunggu di halte bus setiap pagi bersama karyawan lainnya. Pengalaman yang berbeda tapi sangat berharga untukkku.

If you are always trying to be normal, you will never know how amazing you can be – Maya Angelou

.

.

@cahyadi_takariawan

 

#belajarmenulis

#kmobasicbatch49

#antologi17

#200kata

#ceritavie

#viestory

#vienulis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s