Day

Day 28 – MELINTASI DANAU TOWUTI

Siang ini matahari sangat cerah. Kami baru saja melewati lima pulau kecil yang berada di tengah danau Towuti kecamatan Towuti yang memiliki kedalaman kurang lebih 200 meter dengan luas 560 km2. Danau Towuti merupakan satu dari lima danau yang tergabung dalam Malili Lake System atau Sistem Danau-Danau Malili. Sejauh mata memandang, tampak pegunungan Verbeek yang terbentang mengelilingi danau Towuti.. Menggunakan KMP Pangkilang, kapal Fery, kami meninggalkan pelabuhan Timampu menuju pelabuhan Tokalimbo, dengan jarak tempuh 90 menit.

Saya memilih duduk di Anjungan dan bercengkerama dengan para Awak Kapal. Kapten Aidid pun bercerita bahwa tantangan yang pernah dialami selama membawa KMP Pangkilang di danau Towuti adalah saat angin kencang dalam perjalanan dari Tokalimbo kembali ke Timampu atau sebaliknya.

“Efek angin kencang di danau bisa mengakibatkan gelombang yang mencapai 1 meter bahkan lebih. Kami pernah alami hal ini ditambah lagi kabut yang pekat, sehingga jarak pandang menjadi dekat,” cerita Kapten Aidid.

Saya jadi teringat tahun 2015, saat puluhan peneliti internasional maupun nasional datang dan berkumpul di danau Towuti. Kolaborasi peneliti yang mengerjakan proyek pengeboran penelitian yang disebut Towuti Drilling Project dengan obyek perubahan iklim menggunakan kajian sedimentology yang kemudian menunjukkan bahwa Danau Towuti terbentuk sekitar 1 juta tahun lalu dengan perubahan bentuk dari rawa-rawa, kemudian terjadi aktivitas tektonik yang cepat dan menurunkan permukaan tanahnya.

Banyak potensi Danau Towuti ini. Dari kekayaan hayatinya, surga peneliti, hingga fasilitas yang disiapkan di Danau Towuti.

Tidak terasa kami telah tiba di Tokalimbo

 

 

.

.

@cahyadi_takariawan

 

#belajarmenulis

#kmobasicbatch49

#antologi17

#200kata

#ceritavie

#viestory

L9#vienulis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s