LANGKARA

Day 33 – LANGKARA

Rumput laut merupakan salah satu komoditi yang cukup sexy dan menarik minat Pegawai Negeri Sipil seperti diriku untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Tentu saja karena salah satu tantangan bekerja sebagai PNS adalah merasa cukup. Kalau dibandingkan, penghasilan seorang PNS sangat berbeda dengan pegawai swasta. Apalagi aku yang sudah pernah merasakan penghasilan dari bekerja pada sebuah perusahaan tambang. Sehingga aku harus kreatif menambah penghasilan.

Alhasil, aku pun mengikuti jejak para senior-senior PNS yang mengasramakan sertifikat pegawainya di bank untuk mengambil modal dan bertani rumput laut. Berkat bantuan salah seorang keluarga di Malili, aku memutuskan untuk membudidayakan rumput laut jenis Cottoni di daerah Langkara desa Lakawali Pantai, Malili.

Rupanya bertani rumput laut selain usaha juga merupakan sarana rekreasi. Karena untuk sampai ke Langkara, kami harus menggunakan perahu menyusuri sungai Lakawali. Perahu motor tanpa sayap yang disebut bala-bala. Cukup memacu adrenalin terutama saat berpapasan dengan bala-bala lain dari arah yang berlawanan, karena perahu bermotor ini cukup kencang.

Teringat saat aku mengajak beberapa teman seperti Cicie dan Mardiani liburan akhir pekan di Langkara. Kami bahkan tidak mandi air tawar selama dua hari. Saat pagi menyapa, kami berlarian di daratan yang membentuk pulau kecil sambil mencari terumbu karang dan bintang laut. Menggunakan bala-bala kami ke tengah laut dan melihat rumput laut yang terbentang menjadi hamparan. Bahkan ikut belajar mengikat bibit rumput laut sambil menikmati semilir angin laut yang membawa kedamaian. Akh, pengalaman yang luar biasa, meski terik membuat kulit kami gosong setiap kembali dari Langkara.

.

.

@cahyadi_takariawan

 

#belajarmenulis

#kmobasicbatch49

#antologi17

#200kata

#ceritavie

#viestory

#vienulis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s