BALAS BUDI

Day 39 – BALAS BUDI

BALAS BUDI

“Dasar tidak tahu malu. Sudah dibantu, tidak tahu balas budi!”

Waduh, saya jadi terdiam mendengar kata-kata ini. Saya paham sekali arti balas budi, sebagaimana telah diajarkan kakek nenek dan orang tua saya. Bahkan Kakek saya almarhum pernah meminta kami untuk tidak pernah meminta balas budi pada siapapun yang kami bantu, dan meminta agar tidak berhutang budi pada siapapun.

Tapi bisakah kita tidak berhutang budi pada siapapun? Setiap hari kita mendapat bantuan dari orang lain di sekitar kita. Ketika mereka tersenyum, maka kita juga harus tersenyum. Karena itulah kebaikan. Karena saya percaya bahwa ada dua bentuk cara membalas perlakukan orang lain kepada kita, pertama dalam bentuk positif dengan menunjukkan rasa terima kasih. Kedua dalam bentuk negatif sehingga menjadi dendam dan dalam pepatahnya “utang nyawa dibayar nyawa”.

Kembali pada suara keras yang saya dengarkan tentang statemen tidak tahu balas budi. Sungguh saya sangat terperanjat. Karena saya juga menyadari bahwa balas budi itu diberikan dalam bentuk kebaikan. Saya tentu akan membalas kebaikan orang pada saya dengan sebuah perbuatan baik untuk suatu kondisi kebaikan. Namun ketika saya diminta membalas budi untuk membantu orang yang pernah membantu saya untuk suatu ketidakadilan, maka apakah saya harus membantunya? Apakah pantas saya disebut tidak tahu balas budi?

Bahkan Rasulullah memberi contoh, “wa wajadaka ‘ailan fa afhna – dan dia mendapatimuu sebagai orang yang kekurangan, lalu dia memberikan kecukupan, maka itu lah penjelasan balas budi. Bukan untuk mendukung suatu bentuk ketidak adilan sehingga menjadikan saya menjadi orang yang tidak tahu balas budi. IKHLAS, yaaa mungkin dia lupa dengan kata Ikhlas.

.

.

@cahyadi_takariawan

Foto dari internet

 

#belajarmenulis

#kmobasicbatch49

#antologi17

#200kata

#ceritavie

#viestory

#vienulis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s